Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara

1. Menunjukkan persamaan kedudukan warga Negara tanpa membeda-bedakan ras, agama, gender, budaya, dan suku

Indonesia adalah suatu Negara yang memiliki keragaman dalam berbangsa dan bernegara yakni adanya ras, agama, gender, budaya dan suku. Keragaman tersebut disamping memiliki perbedaan juga memiliki persamaan dimana dari persamaan itulah muncul rasa persatuan yang mampu menyatukan seluruh manusia yang mendiami suatu Negara yang bernama Indonesia.

2. Mengidentifikasi ciri-ciri ras, agama, gender, budaya golongan dan suku.

a. Ras

Ras adalah kelompok besar manusia yang memiliki ciri-ciri dan sifat fisik yang berkembang secara biologis, sehingga berbeda dengan kelompok-kelompok lain. Ras adalah sesuatu yang bersifat permanent karena diturunkan secara biologis dari satu keturunan ke keturunan berikutnya.

b. Agama

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat menganggap tinggi nilai kehidupan beragama dan Indonesia hanya menganut lima agama yang diakuinya yaitu

Agama Islam ·

Agama Kristen katolik ·

Agama Kristen Protestan ·

Agama Hindu ·

Agama Budha ·

Kelima agama tersebut dianut oleh bangsa Indonesia dan merupakan pedoman dalam kehidupan. Agama-agama tersebut memiliki keragaman dalam melaksanakan kehidupan misalnya Agama Islam yang melaksanakan shalat lima waktu, agama Kristen yang pada setiap hari minggunya melaksanakan Ibadahnya, dan masih banyak lagi.

c. Gender

Gender atau lebih dikenal dengan kelamin adalah suatu hal yang sangat membedakan manusia secara kodrat diantara semua manusia karena manusia pada dasarnya terbagi atas dua yaitu manusia berkelamin pria dan berkelamin wanita.

d. Golongan

Tolak ukur untuk menentukan golongan ialah factor politik, ekonomi, tanah, keturunan maupun pendidikan, bangsa Indonesia merupakan masyarakat yang terdiri dari beraneka ragam golongan.  Perbedaan golongan tersebut tidak membedakan siapapun warga Negara Indonesia dalam menjunjung tinggi hukum dan juga dalam memperoleh hak dan kewajiban.

e. Suku

Bangsa Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk dalam suku bangsa. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menyaksikan perbedaan suku misalnya seperti tetangga sebelah rumah yang memiliki suku berbeda yaitu suku melayu dengan logat bahasa yang berbeda atau presiden kita yang berbeda suku dengan kita yakni suku jawa dan lain-lain. PendudukIndonesia memiliki persamaan kedudukan meskipun memiliki suku yang berbeda-beda.

3. Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara tanpa Membeda-bedakan Ras, Suku, Agama, Golongan, Gender, dan Budaya

Manusia adalah Makhluk yang secara dasar berbeda dengan mahkluk lain hal itu didasarkan atas apa yang mereka miliki. Dalam diri manusia terdapat ketidaksamaan yang membedakan mereka dengan sesamanya. Ketidaksamaan itu meliputi ras, agama, suku, golongan, gender dan budaya dan kita membedakan manusia dengan berbagai criteria tersebut. Apakah itu berarti manusia tidak sama? Atau tidak sama? Jawaban atas pertanyaan tersebut ialah didalam persamaan manusia memiliki perbedaan yang dipandang dari berbagai aspek kehidupan dan tidak dapat dipungkiri tidak ada manusia yang sama persis di dunia ini namun dengan kita menghargai perbedaan tersebut muncullah persamaan yang dimana sangat berfungsi dalam mewujudkan tujuan bersama. Jika kita tidak menghargai perbedaan tersebut maka rasa yang akan muncul ialah adanya sikap tidak saling percaya atau tidak ingin bekerja sama sehingga dapat menyebabkan suatu masyarakat yang tidak bersama misalnya apabila di suatu Negara hanya memilih presiden yang memiliki gender pria tentunya wanita tidak akan bisa berkembang seperti saat ini dan hal tersebut tentunya tidak luput dari perjuangan ibu kartini dalam usaha emansipasi wanita yang sangat berjasa besar. Disamping itu rasa menghargai perbedaan juga bermanfaat dalam menerapkan hukum Negara sehingga keadilan dapat ditegakkan dan tidak ada yang memihak manapun atau tidak ada yang pandang bulu dalam memberikan sanksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s